• Produk
  • Promo
  • Artikel

Analisa Fundamental

Apa Itu Analisis Fundamental?

Analisis fundamental  adalah metode pengukuran nilai intrinsik keamanan dengan memeriksa faktor ekonomi dan keuangan terkait. Analis fundamental mempelajari segala sesuatu yang dapat mempengaruhi nilai keamanan, dari faktor ekonomi makro seperti kondisi ekonomi dan kondisi industri hingga faktor ekonomi mikro seperti efektivitas manajemen perusahaan.

 

Tujuan Analisa Fundamental

Tujuan akhirnya adalah untuk mencapai angka yang dapat dibandingkan oleh investor dengan harga sekuritas saat ini untuk melihat apakah sekuritas itu undervalued atau overvalued. Metode analisis stok ini dianggap berbeda dengan analisis teknis, yang memperkirakan arah harga melalui analisis data pasar historis seperti harga dan volume.

Semua analisis stok mencoba menentukan apakah sekuritas dinilai dengan benar dalam pasar yang lebih luas. Analisis fundamental biasanya dilakukan dari perspektif makro ke mikro untuk mengidentifikasi sekuritas yang tidak dihargai dengan benar oleh pasar. Analis biasanya mempelajari, secara keseluruhan, keadaan ekonomi dan kekuatan industri spesifik sebelum berkonsentrasi pada kinerja masing-masing perusahaan untuk sampai pada nilai pasar yang adil untuk saham.

 

Cara Kerja Analisa Fundamental

Analisis fundamental menggunakan data publik untuk mengevaluasi nilai suatu saham atau jenis keamanan lainnya. Misalnya, seorang investor dapat melakukan analisis fundamental pada nilai obligasi dengan melihat faktor-faktor ekonomi seperti suku bunga dan keadaan ekonomi secara keseluruhan, kemudian mempelajari informasi tentang penerbit obligasi, seperti kemungkinan perubahan peringkat kreditnya.

Untuk saham, analisis fundamental menggunakan pendapatan, pendapatan, pertumbuhan masa depan, laba atas ekuitas, margin keuntungan, dan data lainnya untuk menentukan nilai dasar perusahaan dan potensi pertumbuhan di masa depan. Semua data ini tersedia dalam laporan keuangan perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Ilmu Mikroekonomi

“Ilmu yang mempelajari tingkah laku unit-unit ekonomi, seperti perusahaan, industri, atau rumah tangga (microeconomics).”

Selengkapnya

Ilmu Makroekonomi

“Ilmu yang mempelajari perilaku dari ekonomi nasional maupun regional secara menyeluruh.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo