• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Anak Perusahaan

“Perusahaan yang turut atau sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan lain karena sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh perusahan lain tersebut; perusahaan anak (subsidiary company).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Anak Perusahaan?

Anak perusahaan merupakan sebuah perusahaan yang mayoritas sahamnya (> 50%) dikendalikan oleh perusahaan lain atau induk perusahaannya. Anak perusahaan lazim juga disebut sebagai subsidiary company.

Fungsi Anak Perusahaan

Anak perusahaan biasanya dibentuk oleh konglomerasi, suatu kesatuan bisnis yang memiliki lini bisnis di berbagai bidang. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh keberadaan anak perusahaan, yaitu:

  1. Terbentuknya anak-anak perusahaan membuat operasi di salah satu lini bisnis menjadi lebih terfokus ketimbang hanya terpisah sebagai divisi-divisi. Dengan hal ini, maka aktivitas operasional yang dijalankan oleh masing-masing anak perusahaan juga akan menjadi lebih efisien.
  2. Proses pengambilan keputusan dari masing-masing anak perusahaan akan berlangsung dengan lebih tepat dan akurat.
  3. Keberadaan anak perusahaan memunculkan kemandirian risiko. Masing-masing anak perusahaan akan terhindar dari risiko seperti tuntutan hukum yang dihadapi oleh anak perusahaan lainnya.
  4. Dengan menjadi bagian dari subsidiary sebuah induk perusahaan, maka anak perusahaan akan lebih mudah mendapatkan akses permodalan.

Perbedaan Subsidiary (Anak Perusahaan) dan Joint Venture

Meskipun keduanya merupakan sebuah entitas yang dibentuk oleh entitas lainnya demi tercapainya tujuan bisnis, terdapat perbedaan antara subsidiary dan joint venture. Subsidiary merupakan sebuah entitas yang dibentuk misalnya untuk memproduksi barang dan jasa yang berbeda dan spesifik. Sementara itu, joint venture lebih mirip dengan sebuah kerja sama atau partnership antara dua entitas atau lebih. Beberapa perusahaan atau individu dapat memiliki sebuah perjanjian kontraktual dan mengkontribusikan modal untuk membentuk sebuah bisnis.

Umumnya, joint venture dibentuk untuk tujuan yang spesifik dan keberadaannya dapat saja berakhir ketika tujuan tersebut sudah tercapai. Salah satu contoh JV adalah salah satu konsorsium dalam proyek pembangunan MRT di Jakarta, yaitu Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo