• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Amendemen

"amen·de·men"

"n Usul perubahan undang-undang yang dibicarakan dalam Dewan Perwakilan Rakyat dan sebagainya: hak --;"

"Penambahan pada bagian yang sudah ada."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Perubahan atas materi dokumen resmi yang disetujui oleh seluruh pihak yang terlibat dalam perjanjian dan ditandatangani bersama; amandemen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penjanjian pokok (amendement)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Amendemen?

Amendemen adalah istilah untuk perubahan resmi sebuah dokumen resmi atau catatan tertentu, terutama untuk memperbaikinya. Perubahan yang dilakukan ini dapat berupa penambahan atau juga penghapusan catatan yang salah atau tidak sesuai lagi. Umumnya amendemen merujuk pada perubahan perundang-undangan sebuah negara (konstitusional). Konstitusional merupakan prinsip dasar politik dan hukum yang mencangkup struktur, prosedur, serta kewenangan/hak serta kewajiban. Oleh karena itu, konstitusional sangat berhubungan dengan amendemen karena bertujuan untuk memperbaiki catatan/dokumen penting suatu negara agar menjadi lebih baik.

Dalam dunia bisnis dan keuangan, amendemen sering terjadi pada dokumen perjanjian kerja sama. Hal ini biasanya diperlukan untuk menyesuaikan perjanjian sebelumnya dengan kondisi yang terjadi saat ini. Proses amendemen pada umumnya juga tercantum pada dokumen sebelumnya dan memerlukan persetujuan dari pihak yang terlibat untuk menjadikannya dokumen sah yang baru.

Contoh Amendemen

Banyak contoh amendemen yang sudah pernah terjadi di Indonesia, khususnya dalam hal konstitusional. Misalnya, peranan Presiden sebagai lembaga eksekutif Negara. Banyak yang menafsirkan kekuasaan eksekutif tersebut tidak mencerminkan Negara demokrasi sehingga dilakukan amendemen dengan meningkatkan kekuasaan lembaga legislatif seperti DPR, DPD, serta lembaga Yudikatif seperti MPR dan Mahkamah Agung yang memiliki kedudukan setara dan saling memberikan pengawasan.

Tujuan Amendemen

Tujuan dilakukannya amendemen adalah untuk melakukan perbaikan atau menyempurnakan beberapa ketentuan dan aturan dalam suatu dokumen resmi. Seperti yang terdapat dalam tatanan negara Indonesia, sehingga dengan adanya amendemen diharapkan dapat mencapai tujuan nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta melindungi hak-hak asasi manusia yang sesuai dengan peradaban.

Alasan Terjadinya Amendemen

Alasan terjadinya amendemen adalah karena adanya kekuasaan yang terlalu dominan di antara pihak yang terlibat dalam perjanjian, sehingga perlu diubah atau disempurnakannya dokumen perjanjian itu sendiri untuk kebaikan pihak yang terlibat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Xenocurrency

“Currency that trades outside its external borders”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo