• Produk
  • Promo
  • Artikel

Ambil Untung

Tindakan investor dengan menjual aset/surat berharga pada saat harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan (profit taking).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Ambil Untung?

Ambil untung adalah kegiatan mengunci keuntungan dari floating profit (keuntungan yang masih bisa naik turun) menjadi capital gain (keuntungan pasti). Biasanya ambil untung dilakukan oleh investor saham.

Indikasi Ambil Untung

Ambil untung merupakan suatu tindakan yang sangat diinginkan oleh banyak investor. Ada indikasi pasar yang menentukan investor melakukan ambil untung, berikut ini adalah indikasi yang menjadi acuan kapan investor harus mengunci keuntungan.

  1. Harga Saham Naik
    Saat harga saham naik secara signifikan dan harganya lebih tinggi saat awal beli, maka bisa dikatakan saham sedang dalam posisi menguntungkan dan disarankan untuk memperoleh keuntungan.

  2. Rilis Kinerja Emiten
    Saat emiten merilis kinerja keuangannya, baik untuk periode kuartalan maupun tahunan, maka perlu dicermati perolehan laba perusahaan. Umumnya para investor akan melakukan ambil untung ketika perusahaan melaporkan penurunan laba yang tak terduga karena seringkali penurunan tak terduga mempengaruhi psikologis investor.

  3. Kondisi Ekonomi Nasional
    Ketika perekonomian secara nasional sedang mengalami penurunan dan jauh dari ekspetasi pasar, tentunya itu membuat investor akan mempertimbangkan ambil untung. Hal tersebut juga berlaku ketika negara sedang mengalami utang yang tinggi dan juga melemah mata uang di mata internasional. 

Dampak Ambil Untung

Jika tren yang terjadi sedang mendukung investor untuk melakukan ambil untung maka berdampak banyaknya lepas kepemilikan saham yang kemudian berlanjut koreksinya harga saham. Koreksi yang menyebabkan harga saham menjadi murah, namun ketika harga sudah terlalu murah maka itulah momentum untuk memborong semua harga saham.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Profitabilitas

"Kemampuan kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan (memperoleh laba)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo