• Produk
  • Promo
  • Artikel

Ambil Alih

ambil alih/am·bil a·lih/ v, mengambil alih/meng·am·bil a·lih/ v menggantikan (pimpinan, kemudi, dan sebagainya)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Membeli seluruh atau sebagian besar saham suatu perusahaan untuk menguasai perusahaan tersebut (take over).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Ambil Alih?

Ambil alih biasanya terjadi ketika suatu perusahaan mengajukan tawaran untuk mengambil kendali atau mengakuisisi perusahaan lain, seringkali dengan membeli mayoritas saham di perusahaan yang akan diakuisisi. Ambil alih terjadi karena dipionirkan oleh perusahaan besar untuk mengambil alih perusahaan yang lebih kecil. 

Pengambil alihan yang menggabungkan dua perusahaan menjadi satu dapat membawa keuntungan operasional besar dan peningkatan kinerja dan untuk pemegang saham. Ambil alih cukup umum dilakukan di dunia bisnis, walaupun mirip dengan merger, namun ambil alih memiliki arti yang berbeda. Perbedaannya adalah merger melibatkan dua perusahaan yang sama, sedangkan ambil alih umumnya melibatkan perusahaan yang mempunyai skala yang berbeda, yaitu perusahaan yang diambil alih umumnya lebih kecil.

Tipe-tipe Ambil Alih

1. Ambil Alih Bersahabat (Friendly)

Proses ambil alih yang bersahabat adalah ambil alih yang disetujui oleh manajemen perusahaan target yang akan diakuisisi.

2. Ambil Alih Paksa (Hostile)

Ambil alih secara paksa memungkinkan perusahaan penawar untuk mengambil alih perusahaan target walaupun manajemennya tidak menyetujui proses ambil alih tersebut.

Alasan Terjadinya Ambil Alih

Ambil alih hampir sama dengan akuisisi, kecuali istilah ambil alih kadang dianggap negatif. Perusahaan yang menawar berupaya untuk meningkatkan pangsa pasarnya untuk mencapai skala ekonomi yang membantunya mengurangi biaya dan dapat meningkatkan laba. Perusahaan yang dianggap cocok untuk diambil alih biasanya memiliki alasan sebagai berikut:

  • Perusahaan yang memiliki keunikan dalam produknya atau jasanya.
  • Perusahaan dengan produk atau jasa yang baik namun pendanaan yang kurang.
  • Perusahaan yang memiliki kedekatan lokasi dimana saat digabungkan dengan perusahaan yang lebih besar dapat meningkatkan efisiensi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuisisi

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo