• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Amanat Penyerahan

Pesan tertulis kepada penyimpan atau pengangkut untuk menyerahkan barang pada pihak yang dinyatakan dalam pesan tersebut (delivery order).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Amanat Penyerahan?

Dalam perusahaan dagang, aktivitas penjualan kepada pembeli tidak luput dengan yang namanya amanat penyerahan atau delivery order. Amanat penyerahan adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang kepada pembawa surat atau barang yang telah dipesan. 

Amanat penyerahan dijelaskan sebagai rincian lengkap berisi informasi mengenai pengiriman, dan umumnya berbentuk dokumen resmi yang ditempatkan pada kop surat perusahaan. Ketika barang dikirim, amanat penyerahan berfungsi untuk menjelaskan kepada siapa barang akan dikirim, bagaimana barang akan dikirim, kebutuhan khusus yang dibutuhkan pengiriman, dan kapan barang harus dikirim. Informasi ini penting karena pengiriman adalah salah satu aspek terpenting dalam proses penjualan. 

Sebenarnya, amanat penyerahan hanyalah bukti dari detail pengiriman barang. Saat ini, banyak yang mengirim amanat penyerahan melalui email, karena teknologi perlahan-lahan telah menghapus amanat penyerahan yang masih berbentuk kertas.

Fungsi Amanat Penyerahan

Amanat penyerahan dalam kegiatan jual beli memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai bentuk keterangan resmi terhadap pembelian barang dari penjual kepada pembeli.
  • Memberikan rincian terhadap barang yang akan dikirim ke pembeli.
  • Sebagai tanda bukti bahwa barang sudah diterima oleh pembeli melalui tanda tangan yang dicantumkan dalam amanat penyerahan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dokumen

“surat yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan (seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian.”

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo