• Produk
  • Promo
  • Artikel

Amalgamasi

Amalgamasi adalah istilah kuno sekarang sebagian besar untuk perkawinan dan antar pembiakan dari etnik yang berbeda atau ras.

Wikipedia

Penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan baru, untuk mencapai posisi dan skala ekonomi yang lebih baik (amalgamation).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Amalgamasi?

Amalgamasi adalah sebuah istilah dalam ilmu sosiologi yang berarti proses sosial yang meleburkan suatu kelompok budaya yang berbeda sehingga muncul sesuatu yang baru namun tidak meninggalkan budaya dasarnya. Amalgamasi seringkali digunakan untuk perkawinan beda etnis, namun tidak jarang juga digunakan dalam konteks penggabungan dua perusahaan menjadi satu. 

Jenis-jenis Amalgamasi

  1. Amalgamasi Pernikahaan

    Amalgamasi seringkali dikelirukan dengan asimilasi, secara konsep memang terlihat mirip, namun perbedaannya yaitu amalgamasi adalah proses penggabungan dua etnis yang berbeda, sementara asimilasi adalah pembauran dua budaya yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan lama sehingga membentuk kebudayaan baru. 
  1. Amalgamasi Emas

    Amalgamasi emas merupakan sebuah proses pengolahan emas batangan secara tradisional dengan menggunakan merkuri dengan tujuan mengekstraksi emas dari batuan. Amalgamasi emas masih dilakukan oleh beberapa pertambangan tradisional karena metode amalgamasi emas ini sangat mudah dan biayanya murah dan tidak memerlukan peralatan modern atau teknologi yang mahal.
  1. Amalgamasi BPJS

    Amalgamasi BPJS adalah menggabungkan kepesertaan BPJS menjadi satu. Hal ini biasanya terjadi karena peserta keluar-masuk perusahaan yang berbeda sehingga masing-masing perusahaan memberikan kartu kepesertaan. Untuk mempermudah proses pencairan BPJS dengan nominal yang disatukan dari perusahaan sebelumnya, proses amalgamasi BPJS dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi

Kelebihan Amalgamasi:

  • Timbulnya kebudayaan baru dari penggabungan dua budaya yang berbeda.
  • Bertukar pengalaman dari kebudayaan yang terdahulu.
  • Menghasilkan generasi baru yang diajarkan tentang kebudayaan baru yang terbentuk lewat proses amalgamasi.

Kekurangan Amalgamasi:

  • Pudarnya nilai dan kultur budaya yang asli.
  • Rawan muncul konflik karena adanya perbedaan budaya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Akuisisi

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Selengkapnya

Integrasi Horizontal

/in·teg·ra·si/ /ho·ri·zon·tal/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo