• Produk
  • Promo
  • Artikel

Altcoin

Apa itu Altcoin?

Altcoin adalah cryptocurrency lain yang diluncurkan setelah kesuksesan Bitcoin. Umumnya, mereka menjual diri mereka sebagai alternatif yang lebih baik dari Bitcoin. Istilah "altcoin" mengacu pada semua cryptocurrency selain dari Bitcoin. Pada awal 2020, ada lebih dari 5.000 cryptocurrency dengan beberapa perkiraan. Menurut CoinMarketCap, altcoin menyumbang lebih dari 34% dari total pasar cryptocurrency pada Februari 2020.

Memahami Altcoin

"Altcoin" adalah kombinasi dari dua kata "alt" dan "coin" dan mencakup semua alternatif untuk Bitcoin. Keberhasilan Bitcoin sebagai mata uang digital peer-to-peer pertama membuka jalan. Banyak altcoin mencoba menargetkan batasan yang dirasakan dari Bitcoin. Altcoin harus memiliki keunggulan kompetitif untuk berhasil melawan Bitcoin.

Banyak altcoin dibangun di atas kerangka dasar yang disediakan oleh Bitcoin. Dengan demikian, sebagian besar altcoin adalah peer-to-peer. Mereka mencoba menawarkan cara yang efisien dan murah untuk melakukan transaksi di Internet. Bahkan dengan banyak fitur yang tumpang tindih, altcoin sangat bervariasi satu sama lain.

Jenis-jenis Altcoin

Altcoin memiliki beberapa jenis, antara lain:

1. Berbasis Penambangan

Altcoin ini memiliki proses penambangan di mana koin baru dihasilkan dengan memecahkan masalah yang menantang untuk membuka blokir. Mereka lebih mirip dengan Bitcoin daripada altcoin lainnya. Sebagian besar altcoin teratas pada awal 2020 termasuk dalam kategori ini. Ethereum adalah altcoin berbasis pertambangan paling terkenal pada Februari 2020.

2. Stablecoin

Stablecoin berupaya meningkatkan Bitcoin dengan mengurangi volatilitas. Dalam praktik sebenarnya, ini dicapai dengan mengikat nilai koin ke mata uang yang ada. Pilihan populer untuk mendukung altcoin termasuk dolar AS, euro, dan emas. Libra Facebook sejauh ini merupakan stablecoin paling terkenal, meskipun belum diluncurkan pada Januari 2020.

3. Token Keamanan

Altcoin ini terkait dengan bisnis, dan sering diluncurkan dalam penawaran koin awal (ICO). Token keamanan menyerupai saham tradisional, dan mereka sering menjanjikan beberapa jenis dividen seperti pembayaran atau kepemilikan dalam bisnis.

4. Token Utilitas

Token utilitas memberikan klaim pada layanan, dan terkadang dijual sebagai bagian dari ICO. Filecoin adalah contoh luar biasa dari token utilitas yang ditawarkan di ICO. Filecoin dirancang untuk dapat ditukar dengan ruang penyimpanan file terdesentralisasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bitcoin

...

Selengkapnya

Bitcoin Mining

...

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo