• Produk
  • Promo
  • Artikel

Aliran Dana

1) perpindahan dana dari unit ekonomi yang kelebihan dana ke unit ekonomi yang kekurangan dana melalui lembaga perantara keuangan; 2) perpindahan dana yang disebabkan oleh kegiatan penghimpunan dan penggunaan dana (flow of funds).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aliran Dana?

Aliran dana adalah perpindahan uang ke dan dari berbagai sektor ekonomi nasional. Biasanya aliran dana dikumpulkan dan dianalisis oleh bank sentral di suatu negara. Akun dari aliran dana biasanya digunakan sebagai indikator kinerja ekonomi. 

Pemerintah, investor, dan manajer keuangan memantau aliran dana untuk menentukan seberapa efektif rencana yang sudah dibuat, jenis sumber daya yang dimiliki, bagaimana sumber daya telah diinvestasikan, dan apa sumber yang digunakan untuk membiayai sumber daya.

Cara Mengukur Aliran Dana

  1. Tingkat Kas Reksa Dana

    Investor dapat melihat tingkat reksa dana untuk menentukan berapa banyak uang yang harus dimiliki investor untuk membeli saham. Ketika tingkat reksa dana rendah, itu menunjukkan bahwa dana institusional tidak memiliki banyak uang tunai yang dapat digunakan untuk berinvestasi dalam saham baru. Saat suatu lembaga memiliki tingkat reksa dana yang tinggi, itu menunjukkan bahwa lembaga tersebut memiliki modal yang cukup untuk dapat digunakan membeli saham.
  1. Hutang Marjinal

    Hutang marjinal adalah cara lain untuk melihat pergerakan uang yang masuk dan keluar dalam ekonomi. Ketika pasar sedang dalam keadaan bullish, investor cenderung menginvestasikan semua yang mereka miliki ke pasar dengan harapan mendapatkan keuntungan. Perilaku investor seperti itu terjadi ketika tingkat utang margin berada pada tingkat tertinggi karena investor memiliki opsi untuk menggunakan akun tunai untuk menutup seluruh investasi atau menggunakan akun margin.

Akun margin ditawarkan oleh broker untuk memfasilitasi pembelian sekuritas oleh investor. Ketika sejumlah besar utang margin telah digunakan untuk pembelian sekuritas, maka menegaskan bahwa ada pergerakan uang yang besar dalam perekonomian nasional.

Manfaat Indikator Aliran Dana

  1. Indikator Performa

    Pemerintah menggunakan indikator aliran dana sebagai indikator kinerja ekonomi secara luas. Membandingkan data yang ada dengan data-data terdahulu dapat menunjukkan kekuatan ekonomi dan tren dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga dapat menunjukkan arah ekonomi di masa depan, dan sektor-sektor spesifik yang akan mengarah pada pertumbuhannya.
  1. Perumusan Kebijakan Moneter

    Pemerintah dapat menggunakan data aliran dana untuk merumuskan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Setelah mengimplementasi kebijakan, pemerintah dapat menggunakan indikator untuk menentukan apakah kebijakan membawa stabilitas atau fluktuasi ekonomi, serta menemukan cara untuk mengatasi dampak negatifnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Kebijakan Moneter

“Peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).”

Selengkapnya

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo