• Produk
  • Promo
  • Artikel

Alih Milik

Tindakan mengambil alih kepemilikan jaminan kredit yang ketertagihan atau kolektibilitasnya macet (repossession).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Alih Milik?

Pada proses alih milik, pemberi pinjaman otomatis dapat mengambil kembali kepemilikan objek kredit, kadang tanpa memberi tahu debitur sebelumnya atau mendapat izin dari pengadilan.

Jenis-jenis Alih Milik

Terdapat dua jenis alih milik berdasarkan cara mengambil alihnya yaitu;

1. Penarikan Kembali secara Sukarela

Penarikan kembali secara sukarela yaitu mengembalikan objek pinjaman ke pemberi pinjaman, misalnya karena debitur tidak dapat lagi melakukan pembayaran cicilan bulanan mobil, maka debitur harus mengembalikan mobil ke pihak pemberi pinjaman.

2. Penarikan Kembali tanpa Disengaja  

Isitilah ini banyak dikenal sebagai “kepemilikan kembali”, Jenis alih milik ini diartikan pemberi pinjaman datang dan bisa mengambil objek pinjaman tanpa seizin anda selama tidak menganggu anda.

Jika objek pinjaman Anda diambil alih, baik secara sukarela atau tanpa disengaja, pinjaman Anda tidak bisa dibatalkan atau dihentikan. Pemberi pinjaman otomatis akan terus menagih tagihan bulanan dengan menghubungi anda.

Dampak Alih Milik pada Kredit

Keterlambatan pembayaran cicilan kredit yang berakibat alih milik akan merusak nilai kemampuan kredit debitur yang kemudian akan dicatat dalam catatan publik dan laporan kredit. Hal ini akan membuat debitur kesulitan untuk memperoleh kredit selanjutnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Piutang

"Uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari seseorang); utang-piutang, uang yang dipinjam dari orang lain dan yang dipinjamkan kepada orang lain."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo