• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Alih Kredit Nirwarta

Tagihan terhadap debitur yang telah dialihkan menjadi surat berharga oleh bank kemudian dijual kepada investor tanpa pemberitahuan kepada debitur; apabila debitur cedera janji/ wanprestasi, bank tetap bertanggung jawab terhadap pelunasan surat berharga tersebut (non-notification loan).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Alih Kredit Nirwarta?

Alih kredit nirwarta adalah jenis pinjaman yang dijaminkan dengan piutang. Ini merupakan salah satu cara dimana perusahaan business to business (B2B) memperoleh pendanaan. Dalam bentuk ini, invoice (faktur) terutang diberikan kepada investor, oleh bank dengan persentase dari nilainya. Alih kredit nirwarta ini memberi bisnis modal untuk menjaga arus kas yang sehat. Hal ini terjadi seperti siklus, dimana debitur melakukan pembayaran kepada bank untuk pinjamannya, dan bank melakukan pembayaran kepada investor untuk membayar kembali pembiayaannya.

Bagaimana Cara Ahli Kredit Nirwarta Bekerja?

Alih kredit nirwata umum digunakan dalam bisnis B2B, karena investor hanya akan memberikan modal kepada faktur yang dimiliki oleh klien perusahaan. Sebagian besar perusahaan anjak akan meminta debitur untuk menunjukkan pendapatan tahunan minimum, menandatangani kontrak tahunan, dan melakukan pembayaran bulanan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Arus Kas

/·a·rus/ /·kas·/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo