• Produk
  • Promo
  • Artikel

Algoritma

Alur pemikiran untuk pemecahan masalah yang terdiri atas sejumlah langkah matematis, misalnya program perhitungan komputer untuk menghitung tingkat bunga kredit, model keuangan seperti alma, transfer pricing dan pengamanan data (algorithm).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Algoritma?

Algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Sebagian besar algoritma dimaksudkan untuk diimplementasikan sebagai program komputer. Perusahaan keuangan menggunakan algoritma di berbagai bidang seperti penetapan harga pinjaman, perdagangan saham, dan manajemen liabilitas aset. 

Perdagangan menggunakan algoritma juga dikenal sebagai perdagangan otomatis, karena menggunakan program komputer untuk membeli dan menjual sekuritas dengan kecepatan yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Hal itu terjadi karena harga saham, obligasi, dan komoditas muncul dalam berbagai format online dan dalam data perdagangan, maka dari itu proses algoritma digunakan untuk mencerna data menjadi semakin mudah.

Jenis-jenis Algoritma

1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sekuensial merupakan algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Langkah demi langkah yang dijalankan harus urut dari atas sampai bawah.

2. Algoritma Perulangan

Algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang dihadapi, ada pula sebuah langkah yang harus dilakukan secara berulang-ulang.

3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat

Algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dapat dipenuhi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Selengkapnya

Analisis Kecenderungan

“Salah satu metode analisis yang digunakan dalam rangka pemberian kredit; analisis dilakukan secara terperinci, meliputi nisbah keuangan dan aliran kas atau arus kas beberapa periode akuntansi untuk menentukan besamya kredit yang dapat diberikan; analisis ini berguna untuk menentukan apakah keadaan keuangan debitur cenderung membaik atau memburuk (trend analysis)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo