• Produk
  • Promo
  • Artikel

Akun Trust

Nama singkat untuk semua jenis akun yang ditangani oleh bagian trust di sebuah bank atau suatu perusahaan; istilah ini biasanya berlaku di Amerika Serikat; rekening trust (trust account).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Akun Trust?

Akun trust adalah sebuah akun yang dana atau asetnya dipegang oleh pihak ketiga (trustee) untuk kepentingan si penerima (the beneficiary) yang bisa individu atau kelompok. Pembuat akun trust (grantor) adalah yang memberikan dana atau aset untuk disimpan dalam akun. Akun trust ini biasanya banyak digunakan di Amerika Serikat, dan dana-nya biasa disebut dengan trust fund.

Bentuk-bentuk Akun Trust

  1. Living Trust: Trust yang bisa dicairkan saat pemberi trust (grantor) masih hidup.
  2. Testamentary Trust: Trust yang bisa dicairkan saat pemberi trust (grantor) sudah meninggal dunia.
  3. Revocable Trust: Trust yang ketentuannya dapat diubah atau dibatalkan oleh pemberi trust (grantor). Selama akun trust itu ada, pendapatan yang didapat akan diberikan kepada pemberi trust, dan akan diberikan ke penerima (the beneficiary) setelah pemberi trust meninggal dunia.
  4. Irrevocable Trust: Trust yang ketentuannya tidak dapat diubah atau diberhentikan tanpa izin dari si penerima (the beneficiary). Pemberi trust, setelah memindahkan kepemilikan asetnya ke dalam akun trust, secara hukum sudah tidak memiliki hak kepemilikan terhadap asetnya.

Langkah-langkah Membuat Akun Trust

  1. Memilih Tipe Akun Trust

Langkah pertama yaitu menetapkan tipe akun trust yang akan diberikan kepada si penerima untuk membuka akun trust.

  1. Penunjukkan Pihak Ketiga

Pihak ketiga adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola aset trust Anda, serta menjalankan syarat dan ketentuan. Biasanya, firma hukum atau bank di departemen trust akan menjadi pihak ketiga. 

  1. Penentuan Aset

Langkah ketiga yaitu penentuan aset yang akan ditempatkan dalam akun trust tersebut. Beberapa aset seperti rekening bank, saham, mobil, dan properti real estat hak kepemilikannya harus diubah atas nama pihak ketiga, karena pihak ketiga sudah menjadi pemilik sah dari aset dalam akun trust. 

  1. Penyusunan Dokumen

Trust yang dibuat harus ditulis sesuai dengan hukum di daerah trust berlaku. Dokumennya harus ditandatangani dan diaktakan dengan benar. 

  1. Proses Bank

Terakhir, dokumen yang sudah disusun diserahkan kepada pihak bank untuk mendirikan akun trust yang mencakup nama dan penunjukkan pihak ketiga.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Rekening

“n: hitungan pembayaran (uang berlangganan, uang sewa, dan sebagainya);”

Selengkapnya

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo