• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Akun Kompensasi

Saldo akun simpanan pada bank pemberi kredit yang harus dipelihara debitur untuk jumlah tertentu sebagai imbangan minimum terhadap pemakaian kredit yang diterima (compensating balance).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Akun Kompensasi?

Akun kompensasi adalah saldo rekening bank minimum yang disetujui akan dipertahankan oleh peminjam untuk dipantau oleh pemberi pinjaman. Tujuan dari saldo ini adalah untuk mengurangi biaya pinjaman untuk si pemberi pinjaman, karena pemberi pinjaman dapat menginvestasikan uang tunai yang terletak di rekening bank akun kompensasi dan menyimpan sebagian atau seluruh hasil.

Dalam aturan akuntansi, akun kompensasi diharuskan untuk dilaporkan secara terpisah dari saldo kas dalam laporan keuangan peminjam jika jumlah saldonya adalah material. Jumlah materi adalah jumlah uang yang cukup besar untuk mempengaruhi pendapat seseorang saat membaca laporan keuangan. Akun kompensasi biasanya dilaporkan dalam laporan keuangan sebagai kas terbatas. Kas terbatas adalah uang yang dipegang oleh perusahaan untuk tujuan tertentu dan tidak tersedia untuk penggunaan langsung atau untuk bisnis umum. 

Contoh Akun Kompensasi

Perusahaan XYZ memiliki pinjaman sebesar Rp7.000.000.000 dengan bank. Dalam perjanjian pinjaman menyatakan bahwa perusahaan akan mempertahankan saldo kompensasi dalam rekening bank setidaknya Rp500.000.000. Ketika perjanjian sudah disetujui, pinjaman tersebut sebenarnya Rp6.500.000.000

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saldo

"Selisih (antara uang yang masuk dan yang keluar); sisa."

Selengkapnya

Rekening

“n: hitungan pembayaran (uang berlangganan, uang sewa, dan sebagainya);”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo