• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Akun Bukan Perseorangan

Rekening yang tidak atas nama orang atau badan dan tidak menunjukkan utang piutang kepada pihak lain, misalnya rekening biaya, rekening bunga, dan rekening kas; perkiraan bukan perseorangan (impersonal accounts).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Akun Bukan Perseorangan?

Akun bukan perseorangan merupakan akun atau rekening apapun selain rekening pribadi, yang dikategorikan sebagai akun riil, yang berupa pencatatan properti, serta akun nominal yang dimana pendapatan, pengeluaran, dan modal dicatat.

Jenis-jenis Akun Bukan Perseorangan

1. Akun Riil

Akun yang menyimpan semua aset dan kewajiban organisasi. Akun ini tidak ditutup di akhir tahun untuk muncul di neraca. Saldo dari akun riil akan diteruskan ke tahun-tahun akuntansi berikutnya, maka dari itu akun riil juga dapat dikatakan sebagai akun permanen. Klasifikasi akun riil adalah sebagai berikut:

  • Akun Riil Berwujud: Terdiri dari aset, properti, atau harta yang bisa diukur.
  • Akun Riil Tidak Berwujud: Terdiri dari aset atau harta yang tidak dapat diukur tetapi memiliki nilai moneter sehingga dapat dibeli dan dijual juga. Contohnya seperti muhibah, paten, hak cipta, dan sebagainya.

2. Akun Nominal

Akun nominal adalah akun yang berkaitan dengan pengeluaran, pendapatan, kerugian, dan keuntungan. Ini adalah akun sementara, maka saldonya perlu ditransfer ke akun perdagangan dan laba rugi di akhir tahun akuntansi. Oleh karena itu, akun-akun ini tidak memiliki saldo untuk diteruskan ke tahun berikutnya karena ditutup.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saldo

"Selisih (antara uang yang masuk dan yang keluar); sisa."

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Rekening

“n: hitungan pembayaran (uang berlangganan, uang sewa, dan sebagainya);”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo