• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aktiva Tetap

“Kekayaan berwujud yg secara relatif tahan lama dan biasanya digunakan dl menghasilkan barang dan jasa serta tidak disimpan untuk dijual lagi.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Aset dengan masa pakai di atas satu tahun, dimaksudkan untuk tidak dijual guna menunjang kegiatan operasional, antara lain berupa tanah, gedung, dan peralatan yang dimiliki atau disewa (fixed asset; capital assets, permanent assets).”

Otoritas Jasa Keuangan

Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah aktiva atau aset yang berwujud yang diperoleh dalam bentuk yang siap pakai, dibuat, atau dibangun dan siap digunakan atau memberikan manfaat dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Selain itu, aktiva tetap juga bisa diartikan sebagai aset atau aktiva siap pakai yang tidak dimaksudkan untuk diperjualbelikan oleh perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

Jenis-jenis Aktiva Tetap

Ada berbagai jenis aktiva tetap di antaranya:

  1. Tanah, digunakan sebagai area bangunan gedung, lapangan, parkir, halaman, dan lain sebagainya yang berguna untuk perusahaan.
  2. Bangunan, digunakan sebagai tempat operasional perusahaan untuk menjalankan usahanya seperti kantor, pabrik, toko, atau rumah toko.
  3. Mesin, alat-alat kerja yang mampu menunjang produktivitas perusahaan seperti mesin fotocopy, printer, dsb.
  4. Kendaraan perusahaan seperti mobil, motor, dan truk yang digunakan sebagai fasilitas transportasi perusahaan.
  5. Perlengkapan atau peralatan lainnya seperti meja, kursi, AC, dan furniture perusahaan yang lain.

Karakteristik Aktiva Tetap

Ciri-ciri aktiva tetap adalah memiliki bentuk fisik seperti bentuk dan ukuran yang jelas, digunakan dan bermanfaat untuk kegiatan operasional perusahaan, serta tidak dimaksudkan untuk dijual kepada konsumen perusahaan. Selain itu, aktiva tetap juga memberikan manfaat lebih dari satu tahun dan biasanya memiliki nilai yang cukup besar seperti kendaraan, tanah, gedung, dan mesin-mesin perusahaan.

Cara Perolehan Aktiva Tetap

Cara perusahaan untuk memperoleh aktiva tetap adalah:

  1. Pembelian Tunai

    Perusahaan bisa membeli aktiva tetap dari perusahaan lain dan dicatat dalam pembukuan sesuai dengan besar uang atau dana yang dikeluarkan. Besar uang yang dicatat termasuk segala jenis biaya yang diperlukan hingga aktiva tetap tersebut siap dipakai.
  2. Pembelian Angsuran

    Pembelian angsuran atau pembelian secara mencicil akan mengecualikan biaya bunga selama masa angsuran dan tidak termasuk dalam harga perolehan aktiva tetap.
  3. Barter dengan Jenis Aktiva Tetap Lain

    Pembelian aktiva tetap dengan menukar atau tukar tambah bisa dilakukan dengan membayar kekurangannya secara tunai. Oleh karena itu, harga perolehan adalah harga aktiva lama ditambah dengan uang tambahan yang telah dibayarkan (jika ada).
  4. Hibah

    Aktiva tetap bisa didapat dari hibah atau hadiah. Untuk mencatat harga perolehannya, maka digunakan harga pasaran aktiva tetap tersebut.
  5. Dibuat Sendiri

    Beberapa perusahaan memilih untuk membuat aktiva tetapnya sendiri seperti gedung, kantor, atau peralatan. Hal ini dilakukan biasanya karena karyawan yang masih idle atau untuk mengisi kapasitas. Harga perolehan aktiva tetap ini diakumulasikan dari bahan, upah langsung, dan factory overhead.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Aktiva Lancar

“Aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai dalam bahasa inggris dikenal current asset.”

Selengkapnya

Aktiva Setara Kas

“Investasi yang bersifat sangat likuid, berjangka pendek, dan dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko perubahan nilai yang berarti; setara kas dimiliki untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasi atau tujuan lain.”

Selengkapnya

Neraca

/ne·ra·ca/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo