• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aktiva Sangat Lancar

Aktiva lancar setelah dikurangi persediaan barang yang dapat dengan segera dialihkan menjadi uang kas apabila sewaktu-waktu diperlukan, biasanya berjangka waktu di bawah satu tahun (quick assets).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aktiva Sangat Lancar?

Aktiva sangat lancar adalah aset yang dapat dicairkan menjadi uang tunai dengan cepat dalam waktu setahun atau kurang. Biasanya aktiva sangat lancar termasuk uang tunai, piutang dagang, surat berharga, dan terkadang persediaan barang. Perusahaan mengelola aktiva sangat lancar mereka dengan hati-hati agar asetnya tetap likuid, karena aktiva sangat lancar ini digunakan untuk menghitung rasio keuangan tertentu yang digunakan dalam pengambilan keputusan, seperti rasio cair.

Perhitungan Aktiva Sangat Lancar

Perhitungan aktiva sangat lancar cukup mudah, rumus yang digunakan yaitu:

Aktiva Sangat Lancar = Uang Tunai + Surat Berharga + Piutang Perusahaan

Uang Tunai = Termasuk uang kertas, koin, cek, wesel, dan uang setoran di bank.

Surat Berharga = Investasi berbentuk saham biasa atau preferen yang dimiliki oleh perusahaan.

Piutang Perusahaan = Barang atau jasa yang diterima namun belum dibayar oleh pelanggan.

Atau bisa juga dengan rumus berikut:

Aktiva Sangat Lancar = Aktiva Lancar - Persediaan Barang

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Aktiva Lancar

“Aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai dalam bahasa inggris dikenal current asset.”

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo