• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aktiva Produktif

Penanaman dana bank dalam bentuk kredit, surat berharga, penyertaan, dan penanaman lain untuk memperoleh penghasilan (earning assets).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aktiva Produktif?

Aktiva produktif adalah investasi penghasil pendapatan yang memberi keuntungan yang dimiliki oleh bisnis, institusi, atau individu. Uang yang disimpan dalam rekening bank yang mengandung bunga, berinvestasi pada saham, obligasi yang memberikan keuntungan, serta properti yang disewakan dan menghasilkan pendapatan dapat dikategorikan sebagai aktiva produktif.

Pengawasan Terhadap Aktiva Produktif

Beberapa aktiva produktif seperti sertifikat deposito tidak memerlukan upaya lebih begitu investasi dilakukan. Pendapatan dihasilkan melalui pembayaran bunga atau dividen dan merupakan bagian yang esensial dari jenis investasi tersebut. Investasi ini tidak memerlukan pengawasan berlebih dan tidak memerlukan investasi tambahan apapun dari pemegang investasi. Aktiva produktif lainnya seperti properti memerlukan pengawasan lanjutan dalam hal waktu dan uang, seperti pemeliharaan rutin, pajak, asuransi, dan sebagainya.

Kewajiban Pajak Aktiva Produktif

Penghasilan yang didapat dari aktiva produktif harus dilaporkan saat pelaporan pajak. Pendapatan yang dihasilkan oleh berbagai sekuritas, lembaga investasi biasanya akan mengirimkan laporan tahunan untuk keperluan pelaporan pajak yang mencakup total pendapatan dari bunga atau dividen yang diperoleh. Penghasilan yang didapat dari penyewaan properti juga harus dinyatakan dalam pelaporan pajak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Real Estat

"tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar (real estate)."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo