• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aktiva Produktif Bermasalah

Aktiva produktif yang tingkat ketertagihan atau kolektibilitasnya tergolong kurang lancar, diragukan, dan macet; yang dimaksud dengan aktiva produktif dalam hal ini adalah kredit, penanaman pada bank lain, surat berharga yang dimiliki, dan penyertaan (adversely classified assets).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aktiva Produktif Bermasalah?

Aktiva produktif bermasalah adalah pinjaman dengan beberapa penurunan nilai, yang biasanya terjadi karena kualitas kredit peminjam yang kurang baik dan pembayaran penuh serta bunga yang masih harus dibayar dipertanyakan oleh pemeriksa bank. Singkatnya, aktiva produktif bermasalah merupakan pinjaman yang diragukan oleh pihak bank akan dilunasi oleh peminjam.

Kategori Aktiva Produktif Bermasalah

Aktiva produktif bermasalah terbagi dalam beberapa kategori (dari yang tidak terlalu serius hingga paling serius), perhatian khusus, kurang lancar, pinjaman diragukan, dan kerugian.

  1. Perhatian Khusus, disini peminjam menunjukkan potensi masalah seperti dokumentasi yang hilang atau jaminan yang tidak memadai dan perlu diperiksa oleh pemeriksa bank. 
  2. Kurang Lancar, keadaan dimana kerugian mungkin saja terjadi jika tidak dilakukan tindakan korektif.
  3. Pinjaman Diragukan, keadaan dimana pembayaran penuh mulai dipertanyakan.
  4. Kerugian, peminjam yang tidak dapat ditagih sama sekali, dan nilainya menjadi sangat rendah sehingga tidak lagi memiliki aset yang bisa diajukan kepada pihak bank.

Menghitung Nilai Aktiva Produktif Bermasalah

Aset yang dimiliki harus diklasifikasikan mana yang merugikan dan mana yang tidak sebelum pemeriksa datang untuk menghitung jumlah penurunan nilai. Hal tersebut dilakukan untuk melihat nilai aset dan jaminannya. Selain menyatakan jumlah aset yang dianggap negatif dalam setiap kategori, pemeriksa bank juga akan menghitung rasio aset yang diklasifikasikan negatif terhadap total aset dan rasio pinjaman yang diklasifikasikan negatif terhadap total pinjaman.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Aktiva Produktif

Penanaman dana bank dalam bentuk kredit, surat berharga, penyertaan, dan penanaman lain untuk memperoleh penghasilan (earning assets).

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo