• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aktiva Nonproduktif

Bank yang tidak menghasilkan pendapatan, misalnya uang tunai yang dikuasai bank, giro wajib pada bank sentral, giro pada bank lain, cek yang masih dalam proses penagihan, dan aktiva tetap (non-earning assets).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aktiva Nonproduktif?

Aktiva nonproduktif adalah aset yang tidak menghasilkan pengembalian. Ini termasuk uang yang diinvestasikan dalam rekening bank yang tidak berbunga, serta real estat atau properti lainnya yang tidak menghasilkan pendapatan atau mendapatkan nilai dari waktu ke waktu.

Perbedaan Aktiva Non-Produktif dengan Produktif

Aktiva produktif merupakan aktiva yang dapat menghasilkan pendapatan. Aktiva produktif ini adalah penanaman dana bank dalam valuta rupiah maupun valuta asing dalam bentuk kredit, surat berharga, penempatan dana antar bank, penyertaan, termasuk komitmen dan kontingensi pada transaksi rekening administratif. Aktiva produktif ini bertujuan untuk memperoleh pendapatan atas dana yang disalurkan oleh bank.

Aktiva produktif dapat dianggap sebagai investasi, sedangkan aktiva nonproduktif dapat dianggap sebagai liabilitas.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Aktiva Produktif

Penanaman dana bank dalam bentuk kredit, surat berharga, penyertaan, dan penanaman lain untuk memperoleh penghasilan (earning assets).

Selengkapnya

Aktiva Produktif Bermasalah

Aktiva produktif yang tingkat ketertagihan atau kolektibilitasnya tergolong kurang lancar, diragukan, dan macet; yang dimaksud dengan aktiva produktif dalam hal ini adalah kredit, penanaman pada bank lain, surat berharga yang dimiliki, dan penyertaan (adversely classified assets).

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo