Aktiva Asset

Definisi Aktiva Asset

sumber daya atau benda yang memiliki nilai moneter / ekonomi yang dimiliki oleh individu atau entitas.

Akseleran

Apa itu Aktiva Asset?

Aktiva Asset adalah sumber daya atau benda yang memiliki nilai moneter / ekonomi yang dimiliki oleh individu atau entitas. Jadi pengertian Aktiva Asset secara luas adalah sumber daya yang mampu menghasilkan manfaat ekonomi di masa depan.

Aktiva Asset dalam bisnis berkaitan dengan provit untuk meningkatkan nilai dalam bisnis. Sedangkan pengertian Aktiva Asset konteks akuntansi adalah sumber daya yang dapat menghasilkan arus kas.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Klasifikasi Aktiva Asset

Konvertibilitas

Salah satu cara klasifikasi aset didasarkan pada konvertibilitas aktiva tersebut menjadi kas. Menurut klasifikasi ini, total aset diklasifikasikan menjadi Aktiva Lancar atau Aktiva Tetap.

1. Aktiva Lancar

Pengertian aktiva lancar adalah aset yang mudah dikonversi menjadi kas seperti saham, persediaan, surat berharga, investasi jangka pendek, deposito, pendapatan yang masih harus dibayar, saldo bank, debitur, tagihan piutang, biaya dibayar dimuka dll.

2. Aktiva Tetap

Aktiva tetap bersifat tetap dalam konteks bahwa aktiva ini sulit untuk dikonversi menjadi kas. Mereka membutuhkan prosedur yang rumit dan waktu untuk penjualan mereka untuk dikonversi menjadi kas. Tanah, bangunan, pabrik, mesin, peralatan dan furnitur adalah beberapa contoh dari aktiva tetap.

Eksistensi Fisik

Klasifikasi aset yang didasarkan pada keberadaan fisik mereka. Menurut klasifikasi ini, aset adalah aset berwujud atau aset tidak berwujud.

1. Aktiva Berwujud (Tangible Assets)

Pengertian aktiva berwujud adalah aset-aset yang dapat kita sentuh, lihat dan rasakan seperti uang tunai.

2. Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Assets)

Aktiva tidak berwujud tidak dapat dilihat, dirasakan atau disentuh secara fisik. Beberapa contoh aset tidak berwujud adalah perjanjian waralaba, paten, hak cipta, merek, dan merek dagang.

Penggunaan

Klasifikasi ketiga dibagi menjadi aktiva operasional dan aktiva dan non-operasional, klasifikasi ini didasarkan pada penggunaan aset untuk operasi bisnis.

1. Aktiva Operasional

Semua aset yang diperlukan untuk transaksi bisnis sehari-hari saat ini dikenal sebagai aktiva operasi.

2. Aktiva Non-Operasional

Semua aset yang tidak ada hubungannya untuk operasi bisnis sehari-hari tetapi sangat penting untuk pembentukan bisnis dan untuk kebutuhan masa depan bisnis disebut sebagai non-operasional.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 馃攳