Akte Pendirian

Definisi Akte Pendirian

salah satu bukti penting perusahaan yang didirikan secara resmi dan umumnya akta tersebut diterbitkan dalam bentuk dokumen.

Accurate

Apa itu Akte Pendirian?

Akte Pendirian adalah salah satu bukti penting perusahaan yang didirikan secara resmi dan umumnya akta tersebut diterbitkan dalam bentuk dokumen Akte ini sangat diharuskan untuk semua perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil.

Penerbitan akte ini dilakukan untuk menunjukan legalitas suatu perusahaan dihadapan hukum. Selain itu, akte tersebut pun merupakan bukti dari pebisnis dalam mempunyai sebuah perusahaan. Dengan adanya data tersebut, maka pebisnis tidak akan mengalami kondisi kesulitan dalam melakukan berbagai pengembangan atas perusahaan kedepannya.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Syarat Pembuatan Akte Pendirian

Dalam membuat akte pendirian, para pebisnis harus memperhatikan berbagai syarat yang diharuskan untuk membuat akte. Syarat pembuatannya mencakup berbagai syarat administratif dan juga harus memenuhi berbagai aturan yang berlaku. Beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dokumen Penting

Syarat pertama yang harus dipenuhi dalam membuat akte pendirian harus mencakup berbagai dokumen yang penting. Beberapa dokumen tersebut adalah fotokopi kartu identitas atau KTP, mulai dari pendirian perusahaan, surat kontrak perusahaan, surat domisili perusahaan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Kondisi Fisik Perusahaan

Perusahaan juga harus memenuhi persyaratan kondisi fisik perusahaannya. Artinya, sebelum akte tersebut disahkan, maka pebisnis harus mampu menunjukkan kondisi fisik perusahaan. Perusahaan yang dibangun tanpa kondisi fisik berbentuk gedung, tidak akan mampu memenuhi persyaratan untuk membuat akta pendirian perusahaan.

3. Biaya Pembuatan

Dalam membuat akte pendirian, pebisnis harus bisa mengeluarkan sejumlah biaya tertentu. Beban biaya ini harus dibayarkan ketika akan membuat akte pada pihak yang berwenang atau pemerintah selaku pembuat kebijakan. Umumnya, tarif pembuatan akte tersebut berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan daerah dari domisili perusahaan tersebut.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍