• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Akseptor

ak·sep·tor/ /akséptor/ (Ekonomi) orang yang membayar jumlah wesel;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pihak tertarik yang mengakseptasi surat wesel (acceptor).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Akseptor?

Akseptor adalah pihak ketiga yang menerima tanggung jawab untuk pembayaran dalam rekening pertukaran uang (bill of exchange). Bill of exchange umumnya memiliki tiga pihak: drawer, drawee, dan acceptor.

Contoh Akseptor

Contoh sederhana dari akseptor adalah bank yang menerima cek yang ditarik terhadapnya dan memikul tanggung jawab atas pembayarannya. Perusahaan XYZ telah membayar Perusahaan Listrik ABC melalui cek yang ditarik terhadap Bank DEF. Ketika Perusahaan Listrik ABC menyajikan cek untuk pembayaran, dan bank setuju untuk membayar cek, Perusahaan Listrik ABC adalah akseptor.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Arbitrasi Wesel

“Tindakan yang dilakukan oleh debitur untuk membayar utangnya di negara lain dengan menggunakan wesel dengan harapan memberikan pengeluaran yang serendah-rendahnya melalui pemanfaatan perubahan nilai tukar mata uang yang terjadi di pusat pasar uang dunia (arbitration of exchange)”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Tagihan

"hasil menagih,uang dan sebagainya yang harus ditagih."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo