• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Akseptasi

/ak·sep·ta·si/ /akséptasi/ n 1 penerimaan; pembenaran; 2 penerimaan secara umum makna suatu kata atau pemahaman konsep makna suatu kata (atau konsep) yang umum diterima.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Janji untuk membayar oleh pihak tertarik dengan cara membubuhkan tanda tangan dalam surat wesel; akseptasi harus dinyatakan dengan kata akseptasi atau dengan cara lain yang sama maksudnya; tanda tangan saja dan pihak tertarik dibubuhkan pada halaman muka, surat wesel sudah berlaku sebagai akseptasi; apabila telah diakseptasi, wesel ini menjadi sama dengan promes, yang berarti dapat diperdagangkan atau dapat dijual kepada pihak lain sebelum tanggal jatuh tempo (acceptance).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Akseptasi?

Secara singkat, akseptasi bisa dikatakan sebagai janji untuk membayar oleh pihak tertarik dengan cara membubuhkan tanda tangan dalam surat wesel. Apabila telah diakseptasi, wesel ini menjadi sama dengan promes (surat sanggup bayar), yang berarti dapat diperdagangkan atau dapat dijual kepada pihak lain sebelum tanggal jatuh tempo. Kalau dalam bahasa inggrisnya adalah acceptance.

Akseptasi harus dinyatakan dengan kata akseptasi atau dengan cara lain yang sama, maksudnya tanda tangan saja, dan pihak tertarik dibubuhkan pada halaman muka, surat wesel sudah berlaku sebagai akseptasi.

Penghitungan Tagihan Akseptasi

Dalam kegiatan bisnis, seperti penjelasan di atas, Bank memberikan jaminan keuangan seperti letters of credit, bank garansi dan akseptasi. 

Dalam akseptasi, ada yang namanya tagihan akseptasi, yakni tagihan yang timbul sebagai akibat akseptasi (pernyataan sanggup untuk membayar) yang dilakukan terhadap wesel berjangka. 

Tagihan Akseptasi diukur pada biaya perolehan diamortisasi menggunakan metode suku bunga efektif (EIR), dikurangi oleh penyisihan kerugian penurunan nilai. Sementara liabilitas akseptasi diukur pada biaya perolehan diamortisasi menggunakan metode suku bunga efektif (EIR).

Syarat Akseptasi

Membuat akseptasi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Terdapat kesanggupan tanpa syarat.
  2. Diperbolehkan untuk sebagian pembayaran atau tagihan.
  3. Harus ada tanda tangan akseptan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Jatuh Tempo

“Batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan; sudah lewat waktunya; kedaluwarsa.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo