Agen Pembelian

Definisi Agen Pembelian

Seseorang atau perusahaan yang menawarkan jasa untuk membeli barang atau properti atas nama pihak lain. Agen pembelian berperan sebagai perwakilan dalam transaksi dan memiliki kewajiban secara hukum untuk melindungi kepentingan pembeli serta memastikan apakah mereka mendapatkan kesepakatan terbaik.

wikipedia.com dan quickloans.com

Ruang Lingkup Pekerjaan Agen Pembelian

· Membuat Daftar

Agen pembelian akan membuat daftar properti atau barang yang sesuai dengan kebutuhan pembeli berdasarkan kebutuhan dan preferensi ideal pembeli.

· Menjadwalkan Pertemuan

Pembeli yang telah menerima daftar yang dikirimkan oleh agen pembelian akan memilih properti yang ingin dilihat secara langsung. Agen kemudian akan berkoordinasi dengan penjual dan menjadwalkan waktu bagi pembeli dan penjual bertemu untuk melihat secara langsung.

· Mengajukan dan Menjawab Pertanyaan

Agen pembelian, khususnya dalam pembelian properti akan biasanya akan pergi bersama pembeli ke berbagai pameran properti. Sementara pembeli berkeliling melihat properti, agen pembelian akan berperan sebagai orang yang akan menjawab pertanyaan dan memberikan masukan kepada pembeli mengenai properti yang ideal.

· Konsultasi Harga

Setelah pembeli menemukan properti yang diinginkan, agen pembelian akan berperan sebagai konsultan harga. Penawaran harga didasarkan pada analisis komparatif dengan properti serupa di daerah yang sama. Agen akan merekomendasikan pembeli untuk membuat penawaran tertentu berdasarkan analisis dan spesifikasi properti.

· Negoisasi Harga

Setelah melakukan penawaran, agen pembelian akan melakukan negoisasi harga dan persyaratan. Agen akan memberi tahu pembeli mengenai tiap tawaran yang mendapat balasan dari penjual untuk mengetahui apakah mereka menerima atau ingin mengubahnya. Setelah tawaran diterima oleh kedua belah pihak, agen pembelian akan menyusun kontrak.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Perbedaan Agen Pembelian dan Agen Real Estate

Perbedaan antara agen pembelian dan agen real estate adalah klien yang ditangani. Klien agen real estate adalah penjual (atau vendor) properti, sedangkan klien agen pembelian adalah pembeli. Agen real estate dibayar oleh penjual untuk memasarkan dan menjual properti sedangkan agen pembeli dibayar oleh pembeli untuk menemukan properti atau melakukan berbagai layanan yang terkait dengan pembelian aset atau barang.

Kelebihan Menggunakan Jasa Agen Pembelian

· Agen pembelian memiliki pengetahuan dan akses ke properti yang tidak ada di iklan.

· Lebih menghemat waktu daripada mencari sendiri.

· Agen pembelian memiliki pengetahuan investasi mengenai potensi pertumbuhan modal dan hasil sewa.

· Agen pembelian memiliki kemampuan negosiasi dan penawaran.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍