• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Agen Korporatif

Agen Korporatif adalah corporate agent yaitu bank yang memberikan jasa sebagai agen kepada perusahaan dan/atau lembaga pemerintah; jasa itu dapat berupa kliring, pembayaran dividen atau bunga, penebusan dan pendaftaran saham, serta penagihan pajak; bank akan membebankan biaya atas jasa yang diberikan.

Bank Indonesia

Apa Itu Agen Korporatif?

Agen korporatif adalah bank yang memberikan atau menyediakan jasa untuk mengatur keuangan suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan. Jasa tersebut pada umumnya meliputi pengurusan pajak, kliring, pembayaran dividen atau bunga, penebusan dan pendaftaran saham

Nantinya perusahaan atau lembaga pemerintahan yang memakai jasa bank tersebut akan membayar biaya atas jasa ban tersebut. Bank biasanya sudah menetapkan harga untuk menjadi agen korporatif. Singkat kata, agen korporatif adalah bank yang mengurus keuangan suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan. 

Contoh Agen Korporatif

Bank A merupakan salah satu bank terpercaya dengan beragam penawaran jasa keuangan untuk nasabahnya. Mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga peminjaman dana. Bank A memiliki lebih dari 10.000 nasabah, baik perorangan maupun perusahaan atau lembaga pemerintahan. Salah satu kliennya adalah PT. AAA, bank A mengurus rekening kliring, pembayaran dividen, hingga pendaftaran sahamnya. Dengan begitu, Bank A dapat dikategorikan sebagai agen korporatif.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Kliring

"Perhitungan utang piutang antara para peserta kliring secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan (clearing)."

Selengkapnya

Dividen

“Bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo