• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Agen Eskro

Pihak yang ikut bertanggung jawab, baik terhadap pihak penjual dan pembeli maupun terhadap kreditur dan debitur bahwa perjanjian yang dibuat setiap pihak akan terlaksana (escrow agent).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Agen Eskro?

Eskro adalah suatu perjanjian legal di mana sebuah barang (umumnya berupa uang, namun bisa juga benda apapun lainnya) disimpan seorang pihak ketiga. Dalam perbankan ada istilah yang disebut dengan escrow account (rekening penampung sementara), rekening ini digunakan untuk menyimpan dana atau uang hingga syarat-syarat dalam perjanjian bisnis bisa dipenuhi secara menyeluruh. Pihak yang memegang rekening ini yang disebut dengan escrow agent.

Fungsi Agen Eskro

Agen Eskro tentu berfungsi sebagai trustee, dimana ia akan memberikan suatu prestasi kepada seorang beneficiary. Agen eskro juga berkewajiban untuk memelihara dan mengamankan dokumen, saham atau hal berharga lainnya dari gangguan pihak lain, untuk nantinya diberikan kepada beneficiary sesuai dengan apa yang diinstruksikan di dalam escrow instruction.

Agen eskro pada prinsipnya tidak meliputi jasa nasihat hukum, atau mediasi dalam negosiasi di antara pihak-pihak yang mengadakan transaksi. Akan tetapi, agen eskro menekankan pada aspek-aspek kenyamanan, perlindungan, dan kerahasiaan. 

Penyedia Jasa Eskro

Jasa eskro dapat diberikan oleh orang pribadi (individual escrow) atau oleh perusahaan berbadan hukum (escrow company). Selain itu, jasa eskro juga dapat diadakan oleh bank. Berbagai bank komersial kadang juga menyediakan jasa eskro sebagai bagian dari custody services yang merupakan bagian dari trust activities. Dalam hal ini, bank dapat menjadi agen eskro dalam menerima setoran tunai, jaminan, atau dokumen untuk kepentingan satu atau beberapa pihak. 

Tanggung Jawab Agen Eskro

Agen eskro ada karena adanya perjanjian eskro yang diadakan di antara pihak-pihak yang akan mengadakan transaksi. Oleh karena itu, agen eskro bertanggung jawab kepada semua pihak yang terlibat. Berikut lingkup tanggung jawab agen eskro: 

  1. Wajib secara ketat menjalankan tugas sesuai dengan uraian dalam instruksi eskro secara rinci untuk menghindarkan salah tafsir.
  2. Wajib mematuhi setiap syarat yang ditetapkan instruksi eskro, apabila terjadi kesalahpahaman atau beda penafsiran yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah, maka agen eskro dapat mengajukan perselisihan tersebut ke pengadilan untuk mendapatkan putusan. 
  3. Apabila seluruh syarat-syarat yang tercantum pada instruksi eskro telah terpenuhi, maka agen eskro harus menyerahkan seluruh dokumen, surat berharga, barang dan/atau uang kepada yang berhak (closing the escrow).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Rekening

“n: hitungan pembayaran (uang berlangganan, uang sewa, dan sebagainya);”

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo