Agen Ekspor

Definisi Agen Ekspor

Agen Ekspor adalah sebuah badan usaha yang berperan sebagai perantara ikatan perjanjian antara suatu badan usaha yang ingin melakukan impor dengan produsen komoditi tertentu untuk melakukan kegiatan ekspor komoditi tersebut atas nama produsen penghasil komoditi. Agen ekspor akan mendapatkan handling fee, yaitu biaya yang dikenakan sebagai ongkos kirim. Hal yang membedakan agen ekspor dan pedagang ekspor adalah, pedagang ekspor bekerja dengan menanggung resiko dan biayanya sendiri, sedangkan agen ekspor hanya bertindak atas nama produsen dan hanya mengurus biaya.

jeparaindustrialpark.com, coursehero.com dan guruakuntansi.co.id

Ruang lingkup pekerjaan Agen Ekspor

Agen ekspor bertindak sebagai perantara antara produsen komoditi dengan perusahaan yang ingin mengimpor suatu komoditi. Agen Ekspor akan mengatur transaksi dan memastikan semuanya berjalan lancar sampai dengan pengiriman komoditi. Agen ekspor dapat membantu untuk mengekspor berbagai macam produk kecuali yang secara hukum tidak diperbolehkan, seperti obat-obatan terlarang. Selain sebagai perantara transaksi, para agen ekspor biasanya juga melakukan pencarian pasar yang membutuhkan produk atau pencarian produsen yang mampu memproduksi barang dalam jumlah besar sesuai permintaan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis-Jenis Agen Ekspor

o Agen Ekspor tradisional

Agen ekspor jenis ini bekerja di negara tempat komoditi diproduksi. Misalnya, Kamu sebagai agen ekspor dapat melakukan identifikasi komoditi Indonesia apa saja yang dibutuhkan di luar negeri, kemudian menjadi agen ekspor untuk mewakili para produsen di pasar luar negeri.

o Broker

Agen ekspor jenis ini bertindak independen, mereka tidak mewakili suatu perusahaan dalam mempertemukan pembeli dan penjual. Sebagian besar broker bekerja untuk penjual meski beberapa diantaranya ada yang bekerja dengan pembeli. Misalnya, seorang broker ditelpon perusahaan A bahwa mereka memiliki stok berlebih dari produk yang akan segera diberhentikan produksinya. Broker akan mencari pasar potensial mana yang cocok dengan produk tersebut, kemudian mempertemukan perusahaan A dengan pasar potensial untuk melakukan kesepakatan.

Kualifikasi seorang Agen Ekspor

Untuk menjadi seorang agen ekspor, Kamu cukup memiliki pengalaman di bidang ekspor-impor dan ijazah minimal Sekolah Menengah Atas. Keterampilan yang harus dimiliki adalah pelayanan pelanggan, manajemen waktu serta kemampuan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu, Kamu juga harus memiliki keterampilan untuk mengoperasikan komputer seperti microsoft word, microsoft excel, serta kemampuan untuk menilai dan meningkatkan logistik. Intuisi yang tajam dengan pengetahuan detail tentang spesifikasi pemuatan dan pengiriman khusus industri akan menjadi nilai lebih dalam karir ini.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍