• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Afidavit

Afidavit n (Hukum) pemberian keterangan tertulis di bawah sumpah

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pernyataan tertulis yang dibuat secara sukarela di bawah sumpah oleh seseorang yang berwenang untuk mengambil sumpah, misalnya seorang pengacara yang telah ditunjuk oleh panitia pengambilan sumpah, konsul, atau notaris; afidavit dapat dibenarkan sebagai bukti atau kesaksian di muka pengadilan (affidavit).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Afidavit?

Afidavit adalah suatu pernyataan tertulis dari seseorang sebagai bukti atas suatu kebenaran. Sebelumnya, orang yang akan membuat afidavit akan diambil sumpahnya dalam menyatakan suatu kebenaran. Oleh sebab itu, afidavit dapat menjadi salah satu bukti hukum dalam pengadilan. Misalnya, seorang saksi membuat afidavit atas kesaksiannya dalam suatu kasus hukum.

Afidavit dalam Kewarganegaraan

Dalam kewarganegaraaan, afidavit memiliki arti lain. Afidavit dalam kewarganegaraan adalah bentuk bukti keimigrasian seorang anak yang memiliki kewarganegaraan ganda. Misalnya seorang anak yang lahir dari Ibu berkebangsaan Indonesia dan Ayah berkebangsaan asing, atau sebaliknya. 

Afidavit ini diberikan oleh pemerintah Indonesia sebagai bukti kalau anak tersebut memiliki kewarganegaraan ganda. Hal ini diatur dalam UU No.12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan, PP No.2 tahun 2007, dan permenkumham No. M.01-HL.03.01 tahun 2006. Nantinya, afidavit diberikan dalam bentuk selembar kertas yang ditempelkan pada paspor anak tersebut. Ini dilakukan agar memudahkan si anak apabila ingin keluar negeri. Afidavit bersifat sekali kunjungan (masuk dan keluar wilayah negara).

Fungsi-fungsi Afidavit

Afidavit memiliki kegunaan lain dalam kehidupan, mengingat fungsinya sebagai bukti tertulis yang valid.  

  1. Dokumen proses perceraian
  2. Dokumen penyelesaian sengketa tanah
  3. Dokumen terkait kasus utang

Fungsi afidavit di atas digunakan dalam persidangan sebagai bukti tertulis. Hal ini bisa menguatkan bukti dalam kasus dalam pengadilan.

Proses Pembuatan Afidavit

Afidavit dibuat oleh panitia pengambilan sumpah, konsul, atau notaris atas sumpah seseorang sebagai bukti kebenaran. Nantinya sumpah yang berisi pernyataan tersebut dituangkan dalam dokumen. Oleh sebab itu, seorang yang akan membuat afidavit harus membuat pernyataan yang sebenar-benarnya. Apabila ditemukan kejanggalan atau pernyataan palsu dalam afidavit, orang yang bersumpah tersebut akan berurusan dengan hukum.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengacara

Pihak yang diberi kuasa berdasarkan hukum oleh orang lain untuk melakukan transaksi bisnis; selain itu, dapat juga mewakili orang lain dalam berperkara di pengadilan (attorney).

Selengkapnya

Notaris

"no·ta·ris"

Selengkapnya

Arbitrase

"n (Dag): pembelian dan penjualan secara simultan atas barang yang sama di dalam dua pasar atau lebih dengan harapan akan memperoleh laba dari perbedaan harganya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo