• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Abstrak

"Ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti"

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Ringkasan suatu pernyataan, laporan, karangan, dan sebagainya yang disusun secara sistematis dan menyeluruh (abstract)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Abstrak?

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi dokumen yang disajikan secara singkat dan akurat. Dalam abstrak biasanya sudah terkandung inti murni dari pembahasan yang ada dalam dokumen. Tidak ada penambahan tafsiran, opini, dan interpretasi lain dalam penulisan abstrak.

Abstrak biasa ditemukan pada karya ilmiah. Pada umumnya, abstrak ditampilkan pada awal bagian sebelum masuk ke bab pertama sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Tujuan penulisan abstrak adalah untuk menggambarkan keseluruhan isi konsep dari sebuah gagasan yang ada dalam tulisan.

Laporan keuangan suatu perusahaan pada umumnya juga memiliki abstrak pada bagian awal dokumen. Abstrak laporan keuangan ini berisi ringkasan kinerja suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu serta strategi-strategi yang sudah dilakukan.

Jenis-jenis Abstrak

  • Abstrak Informatif. Abstrak yang menyajikan informasi keseluruhan dengan ringkas dan didukung dengan data-data secara lengkap. Singkat kata, Abstrak informatif merupakan ringkasan mini atas keseluruhan informasi dalam sebuah karya ilmiah.
  • Abstrak Indikatif. Abstrak yang menyajikan inti dari pembahasan masalah dalam tulisan. Abstrak ini ditulis untuk kepentingan pembaca dalam mencari informasi dalam tulisan. Jadi, si pembaca dapat memutuskan untuk membaca keseluruhan tulisan atau tidak.

Fungsi Abstrak

  • Sebagai komponen inti dari sebuah karya ilmiah.
  • Sebagai gambaran secara umum inti dari sebuah karya ilmiah.
  • Sebagai bahan pertimbangan pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan.

Pembuatan Abstrak

Abstrak yang baik disusun secara sistematis dan menyeluruh sesuai fakta. Dimulai dari latar belakang atau kondisi yang terjadi sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan strategi atau metode pemecahan yang dilakukan. Terakhir, abstrak perlu mencantumkan hasil dan kesimpulan yang bisa dipetik dari keseluruhan proses yang telah dilakukan. Masing masing bagian tersebut cukup dijabarkan dalam satu paragraf saja.

Agar tidak hanya dapat dimengerti dan digunakan dari orang dari negara sendiri, abstrak biasanya dituliskan dalam dua bahasa yaitu dengan menggunakan bahasa asal dan Bahasa Inggris. Jumlah kata dalam abstrak sendiri berkisar antara 150-250 kata.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Year over Year

“Used to compare financial results with those of the same period in the previous year.”

Selengkapnya

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Asuransi

"asu·ran·si"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo